Mengenai Saya

Foto saya
Ingin memberi makna bagi banyak orang, melalui talenta yang telah Tuhan berikan. Mengisi kehidupan dengan mengajar, training, melulis buku, konsultan manajemen, talkshow di radio, TV, pembicara di berbagai event, seminar, konseling, dan pelayanan.

Sabtu, 21 Januari 2017

Inspirasi : Belajar dari Pohon Anggur

Siapa yang  tidak terpesona melihat kesegaran buah anggur yang ranum-ranum. Terbayang sekali betapa lezatnya dan segarnya makan buah anggur, baik yang berwarna hijau, merah ataupun ungu.  Anggur juga mengandung vitamin C dan membuat kulit  jadi lembab & cemerlang.
Dulu sewaktu saya masih kecil, saya membayangkan buah anggur yang begitu menarik itu pastilah pohonnya sangat besar, kuat, kokoh dan rindang. Ops....ternyata tidak sama sekali. Justru pohon anggur itu nampak sangat lemah, jauh sekali dari apa yang pernah saya bayangkan waktu kecil.

Saya mendapatkan inspirasi yang luar biasa dari pohon anggur yang bisa direfleksikan dalam kehidupan.

1.   1. Pohon anggur itu nampak lemah, tetapi mampu menjalar kemana-mana hingga mampu mengatasi tembok-tembok tinggi, hingga genteng-genteng rumah.
Dalam hidup kita, biarlah orang lain melihat kita adalah sosok orang biasa saja, tapi kita harus memiliki karakter yang kuat, iman yang teguh, pikiran yang besar, dan mempunyai cita-cita yang tinggi, agar buah karya kita bisa menyegarkan banyak orang.  

2. Pohon anggur itu tidak berbentuk, tetapi mudah dibentuk. Pemilik pohon anggur dengan mudah melilitkan ke anjang-anjangan yang telah dipersiapkan. Dan pohon anggur akan tumbur subur menjalar memenuhi  anjang-anjangan itu.
Masalahnya, apakah kita merespon positif setiap pergumulan hidup yang menhampiri kehidupan kita? Belajarlah dari pohon anggur, yang mudah sekali dibentuk, pohon anggur tetap taat pada pemiliknya meskipun kadang terasa sakit. Seringkali pesolahan hidup itu justru akan membentuk kepribadian kita bertumbuh dan berkembang  lebih sukses.

3. Agar berbuah lebat, maka ranting-ranting yang kering dipangkasnya, sementara ranting yang bertumbuh dibersihkannya, agar lebih cepat tumbuh dan berbuah lebat.
Saat kita harus meninggalkan karakter-karakter buruk, walaupun kita sadar bahwa karakter itu mengganggu keberasilan kita, namun kita merasa sangat merasa berat,  butuh perjuangan dan penderitaan. Belajarlah ikhlas ketika persoalan hidup sedang memproses kita. Percayalah, semuanya itu akan berbuah manis pada waktuNya.

4. Anggur berbuah di ranting, tidak di pokoknya. Maka setiap ranting yang melekat kuat pada pokoknya buahnya akan banyak. Tetapi ranting-ranting yang lepas dari pokok, tidak lama lagi akan kering lalu mati.
Jika saya mengamati mereka yang sukses luar biasa, bisa dipastikan mereka mempunyai kualitas spiritual yang sangat bagus. Jadi rahasia sukses sejati adalah mereka yang selalu taat menjalankan perintahNya, selalu melibatkanNya dalam setiap rencana dalam kehidupan, dan memiliki keyakinan yang kuat, bahwa sumber kesuksesan berasal dari Tuhan.  Amien. 

21 komentar: